Judul Modul: WEBINAR dengan tema belajar menyenangkan dimasa pandemi
Nama Peserta : Sri Rama Yanti
CGP 1 Pekanbaru Riau
A. Latar belakang
Dalam upaya mengendalikan penyebaran pandemi COVID-19, pada pertengahan Maret 2020, pemerintah memutuskan untuk menghentikan sementara kegiatan belajar di sekolah. Sekolah dianggap sebagai salah satu media yang berpotensi memperluas penyebaran COVID-19 karena adanya interaksi secara langsung antara murid, guru, dan orang tua dengan jarak yang dekat sehingga memaksa sekolah untuk menerapkan kegiatan belajar dari rumah.
Pelaksanaan kegiatan belajar dari rumah ini pun sangat bervariasi karena dipengaruhi oleh berbagai faktor. Menurut beberapa studi, variasi antarguru, antarsekolah, dan antarlingkungan rumah juga mempunyai peran dalam menunjang atau menghambat pelaksanaan. Namun, tidak diketahui bagaimana variasi aspek-aspek tersebut memengaruhi ketimpangan dalam kesempatan belajar di antara para murid dengan latar belakang berbeda. Di berbagai negara, ketimpangan dalam kesempatan belajar telah menjadi perhatian berbagai pihak dan menjadi fokus dalam penelitian pendidikan selama masa pandemi.
Untuk memperkaya ilmu terkait dengan upaya antisipasi terhadap melebarnya ketimpangan hasil belajar yang diakibatkan oleh ketimpangan dalam pelaksanaan belajar dari rumah akibat pandemi COVID-19 perlunya menyelenggarakan webinar bertajuk “Tips Belajar Menyenangkan Dimasa Pandemi”. Diskusi ini juga diharapkan dapat membangkitkan semangat belajar dan potensi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di masa pandemi. Namun ada kendala untuk melaksanakan webinar ini karena tidak bisa mengumpulkan siswa dalam suatu ruangan. Agar ini dapat terwujud perlunya kolaborasi yang baik dengan orang tua, walas, mahasiswa PPL FKIP Universitas Riau, pembina OSIS , waka kesiswaan dan kepala sekolah agar kegiatan ini gerwujud. Untuk itu penulis berusaha melakukan berbagai pendekaatan kepada semua pihak agar kegiaan ini berjalan sebaik mungkin.
B. Tujuan
1. memberikan pengetahuan mengenai beberapa tips belajar menyenangkan dimasa pandemi
2. meningkatkan motivasi belajar siswa
3. menumbuhkan nilai profil pelajar pancasila selama pandemi
C. Tolak Ukur
1. Meningkatnya motivasi belajar dengan aktif mengikuti kegiatan pembelajaran selama daring
2. Melaksanakan semua tugas yang diberikan
D. Pelaksanaan Kegiatan
1. Menyiapkan format acara (rancangan kegiatan)
Hal yang dilakukan untuk mensukseskan kegiatan ini :
a. Berkolaborasi dengan Mahasiswa PPL dari FKIP Universitas Riau yang praktek mengajar disekolah untuk merumuskan kegiatan dalam mengatasi kejenuhan siswa dalam belajar selaama daring
b. menetapkan bersama kegiatan yang sederhana dan menarik bagi siswa yaitu webinar yang pematerinya dari mahasiswa berprestasi dikampus agar anak lebih nyaman dan mudah untuk berinteraksi
3. membuat bentuk proposal mini untuk didiskusikan dengan pemangku kepentingan sekolah
Adapun proposal yang dirumuskan:
2. Melakukan diskusi dengan pembina OSIS dan waka kesiswaan
Sebelum menghadap Kepala Sekolah, kami mendiskusikan terlebih dahulu kepada pembina OSIS agar dapat dijadikan program kegiatan dimasa Pandemi ini karena selama masa pandemi banyak kegiatan Siswa yang tidak terlaksana. Setelah disetujui Pembina OSIS kami mendiskusikan kembali ke Waka Kesiswaan dan menyiapkan segala hal yang berhubungan deng kegiatan dari surat, perlengkapan, narasumber dll.
3. Mendiskusikan dengan kepala sekolah agar kegiatan disetujui
Setelah semua persiapan sudah matang kami mendiskusikan kepada Kepala sekolah agar kegiatan tersebut dapat terlaksana.
4. Mensosialisasikan kepada guru dalam rapat
Kegiatan yang disetujui disosialisasikan pada rapat rutin sekolah dan melibatkan walikelas untuk menginformasikan digrup kelas mengenai kegiatan tersebut dan guru/karyawan yang ada disekolah.
5. Menghubungi nara sumber
Mahasiswa PPL mengubungi narasumber yang bisa berbagi tips untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa. Adapun Nara sumbernya adalah Sandika Lumban Batu prestasi Duta Pendidikan 2 FKIP UNRI 2018 dan Duta Pendidikan Berbakat FKIP UNRI 2018
6. Mensosialisasikan kepada siswa baik melalui surat dan media sosial
- Informasikegiatan dishare digrup kelas, IG sekolah,Fb Sekolah
- Menyampaikan informasi kepada grup Wa orang tua oleh wali kelasSurat yang diinformasikan kepada orang tua:
7. Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan dilaksanakan hari Jumat tanggal 27 November dari jam 08.00 WIB - selesai. Sebelum kegiatan dimulai siswa diundang masuk ke google meet. Guru/ karyawan,nara sumber mahasiswa PPL berada di suatu ruangan dan semua harus melaksanakan protokol kesehatan.
Adapun susunan acara :
|
Waktu |
Acara |
Keterangan |
|
08.00-08.30 |
Registrasi
Online |
Mega
Purnawati |
|
08.30-08.40 |
Pembukaan Oleh
Host Pembacaan
Kalam Ilahi |
Amelya
Putriano Diningsih Ayu
Ning Arsy |
|
08.40-08.50 |
Kata Sambutan Ketua Pembina
OSIS sebagai Penanggung Jawab |
Januar
Rahman |
|
08.50-09.00 |
Kata Sambutan Kepala Sekolah |
Sri
Rama Yanti, S.Si.,Gr |
|
09.00-10.30 |
Seminar Hari Guru Nasional “Tips Belajar Di Masa Pandemi” |
Sandika
Lumban Batu |
|
10.30-11.00 |
Sesi Tanya Jawab |
Moderator
(Indah) |
|
11.00-11.10 |
Doa dan Penutupan |
Dani
Wahyu Herlambang |
Selama kegiatan siswa bebas bertanya mengenai kendala mereka dan tips untuk mengatasi kendala kepada narasumber. Siswa antusias memberikan pertanyaan pada sesi tanya jawab.
List pertanyaan siswa selama kegiatan:
Absensi siswa yang mengikuti kegiatan
Dokumentasi selama kegiatan:
video webinar:
8. Tindak lanjut dan Hasil kegiatan
Setelah berakhirnya kegiatan guru Mata Pelajaran, wali kelas dan orang tua berkerjasama untuk memberikan semangat dan motivasi kepada siswa untuk menuntaskan semua tugas yang diberikan sebelum pelaksanaan ujian Semester II T.P 2020/2021. Orang tua lebih banyak memberikan pendampingan dan kontrol ketika pembelajaran daring. Guru juga berusaha memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan meminimalisir tugas yang diberikan. Menjelang Ujian hampir 85% tugas siswa SMP YLPI P. Marpoyan selesai.
Siswa yang mengikuti kegiatan diberikan sertifikat
E. Kendala
1. Tidak semua siswa bisa bergabung pada kegiatan webinar melalui google meet dikarenakan jaringan dan ketersediaan paket internet siswa
2. Orang tua yang mendapingi siswa selama webinar hanya orang tua yang tidak bekerja
3. Siswa kesulitan masuk kedalam google meet dan akhirnya dialihkan ke IG TV
4. Tidak semua siswa yang bertanya secara langsung, hampir semua menggunakan room chat



Keren Bu Yanti....
BalasHapuskeren. mantap.bu yanti
BalasHapus