Nama Peserta : Sri Rama Yanti
CGP 1 Pekanbaru Riau
SMP YLPI P. Marpoyan
A. Latar belakang
Sejatinya setiap individu pasti mengharapkan hidup dengan nyaman di lingkungan yang bersih dan asri, agar tempat tinggal sehari-hari dapat menciptakan udara yang sehat bagi kebutuhan tubuh kita. Namun kondisi alam dan kebutuhan serta telah pudarnya rasa keperdulian masyarakat akan hal itu, nampaknya akan terasa sulit di capai pada zaman sekarang. Salah satu yang kini menjadi permasalahan di tengah-tengah masyarakat terkait kenyamanan lingkungan hidup adalah sampah, baik sampah hasil rumah tangga maupun sampah pada umumnya. Karena sampah merupakan hal yang pasti dihasilkan oleh makhluk hidup di dalam kehidupan sehari-hari.
Membiasakan pola hidup sehat dan membuang sampah pada tempatnya harus dilakukan dari sejak dini. Budaya inilah yang harus dibina dari kecil untuk kelestarian lingkungan. Pada zaman sekarang banyak pelajar yang kurang peduli dengan keberadaan sampah dari dampak negatif yang ditimbulkan. Banyak sekali kita lihat banyak lokasi pembuangan sampah bukan pada tempatnya. Jika kita amati penyebabnya adalah rendahnya kesadaran masyarakat tentang pemanfaatan sampah menjadi sesuatu yang berguna melalui proses daur ulang. Kita terkunci pada pemahaman sampah harus dibuang atau dijauhkan dari tempat kita tanpa berfikir akan menjadi maslah baru ditempat yang lain (pembuangan).
Oleh karena itu perlunya pemahaman siswa mengenai sampah dan dampak yang ditimbulkan. Selain itu kita berusaha memunculkan pemikiran yang positif dari siswa bagaimana menanggulangi masalah sampah dari pemilahan sampah organik dan sampah anorganik serta pemanfaatan sampah menjadi bermanfaat. Jika hal ini sudah terbiasa dilakukan sehingga akan timbul kebiasaan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman dan menjadikan sampah bernilai ekonomis tinggi
B. Tujuan
1. Menumbuhkan rasa cinta dan peduli siswa pada lingkungan
2. menumbuhkan pengetahuan siswa mengenai sampah (dampak dan manfaatnya)
3. Mengembangkan kreatifitas siswa dalam memanfaatkan sampah agar dapat bernilai
4. Mampu menjadi penggerak dalam melestarikan lingkungan
5. Terciptanya kondisi lingkungan yang bersih, sehat dan teratur baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah
C. Tolak Ukur
1. Siswa dapat memilah milah sampah dirumah tangga dan mengolah/mendaur ulang sampah yang dihasilkan
2. Siswa dapat menjaga kebersihan lingkungan dengan sadar dan berkelanjutan
D. Linimasas tindakan yang dilakukan
Adapun tahap yang dilakukan:
1. Siswa mengisi pertanyaan tentang sampah untuk mengetahui pengetahuan awal siswa tentang sampah
2. Memberikan materi tentang pengertian , jenis, dampak dan cara pemanfaatn sampah ( guru meberikan materi dalam bentuk buku)
3. Setelah memperoleh pemahaman siswa merumuskan apa yang mereka lakukan dalam mengatasi sampah dan pengolahannya dilingkungan tempat tinggal mereka
4. Siswa mendokumentasikan apa yang mereka lakukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dari sampah dan memanfaatkan sampah menjadi barang yang berharga
E. Dukungan yang dibutuhkan
1. Kontribusi orang tua di rumah dalam membimbing anak agar peduli lingkungan
2. Kontribusi warga sekolah untuk memberikan contoh yang baik kepada siswa tentang peanggulangan sampah.
3. Kerjasama yang ebaik antara rekan kerja/peserta didik/karyawan/kepsek dan orang tua
Cara mendapatkannya adalah berkolaborasi dan membangun komitmen untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan
Buku tentang sampah


Tidak ada komentar:
Posting Komentar