Selasa, 15 Desember 2020

AKSI NYATA NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK (MODUL 1.2)

 

Poster Hari Guru


A. Latar belakang

Melakukan sesuatu kegiatan yang menstimulus kreatifitas seseorang  dimasa pandemi adalah sangat sulit. Banyak hal yang harus disiapkan  dengan matang terutama yang berhubungan dengan kesehatan. Untuk melakukan sesuatu di lingkungan sekolah diperlukan kreatifitas guru agar kemampuan siswa dapat tereksplorasi walaupun dimasa sulit ini. Diketahui guru adalah  salah satu pilar untuk menumbuhkan sang anak menjadi sosok yang beriman dan berakhlak, bernalar kritis dalam menimbang suatu kebenaran, dan mampu berkreativitas menciptakan sebuah karya yang bermanfaat, menghargai

kebhinekaan tanpa harus  memandang identitas keagamaan atau etnis dan kelompok tertentu, tetapi berlandaskan pada nilai-nilai kemanusiaan. Guru yang merdeka sadar bahwa mereka harus lebih dulu tergerak, kemudian mencoba terus bergerak, dan selanjutnya menggerakkan anak dan orang-orang baik di sekitarnya. Jika guru penggerak mulai tergerak, lalu bergerak bersama, dan menggerakkan seluruh ekosistem sekolah maka mulia dan bahagialah sang anak. Anak akan tumbuh bersemai dengan merdeka, menjadi sosok berbudaya, memiliki hati dan jiwa kemanusiaan. Anak selalu berinovasi dan berkarya untuk negerinya, bangga dan hormat kepada warisan leluhurnya.


Oleh sebab itu guru yang harus memiliki nilai mandiri,kolaboratif, reflektif dan inovatif harus mampu merancang suatu kegiatan yang dapat meningkatkan semangat berkarya untuk diri sendiri maupun lingkungannya. Dalam rangka memperingai Hari Guru Nasional dirumuskan beberapa kegiatan agar HGN menjadi bermakna dan membangkitkan rasa cinta siswa terhadap guru mereka melalui karya karya. 

B.  Pelaksanaan Linimasa tindakan yang dilakukan

Untuk merumuskan kegiatan tersebut, hal yang sudah terlaksana adalah sebagai berikut:

1. Merancang kegiaan yang dibuat bersama waka bagian kesiswaan


2. Menetapkan kegiatan yang disepakati dan meminta persetujuan dari Kepala Sekolah

Adapun bentuk kegiataan yang dilaksanakan adalah 

-untuk siswa: lomba puisi,membuat poster,baca pidato dal lomba lagu melayu



-untuk guru: lomba essay, lomba membuat video pembelajaran dan lomba masak 


-upacara memperingati Hari Guru Nasional yang dtonton siswa melalui daring


3. Bekerjasama dengan siswa, guru dan wali kelas untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

    Dalam hal sosialisasi sebelumnya dirapatkan dalam rapat rutin sekolah. 

5. Menyiapkan administrasi yang berhubungan dengan kegiatan dan disosialisakan digrup wa orang tua, siswa dan guru.


6. Hasil final kegiatan berupa pemilihan siswa/guru yang menjadi pemenang berdasarkan penilaian tim juri

      

c. Dokumentasi kegiatan


salah satu siswa mengikuti lomba puisi

salah satu siswa mengikuti lomba pidato


beberapa karya poster siswa


Kegiatan lomba masak


Salah satu video pembelajaran karya guru
 

Siswa sedang menyimak upacara HGN secara daring


Upacara HGN 


D. Deskripsi pelaksanaan secara keseluruhan
Kegiatan yang dilaksanakan ini mendapat respon positif dari siswa dan guru. Untuk siswa yang memiliki bakat membaca puisi dan pidato akan mengembangkan bakatnya sedangkan siswa yang lain dapat berkreatifitas dalam mendesain poster yang menarik sesuai kemampuan mereka. Siswa diminta untuk berpartisipasi dengan didampingi wali kelas dan orang tua melalui komunikasi Wa. Untuk guru memberi pengalaman baru dengan adanya lomba membuat essay dan video pembelajaran karena tidak semua mahir dalam menulis dan membuat video pemeblajaran. Tetapi dengan semangat pantang menyerah dan rasa ingin tahu para guru berusaha memberikan yang terbaik dengan segala cara seperti belajar mengedit video. 

Dalam pelaksanaan upacara HGN guru sangat khidmat dalam mengikuti secara luring dan siswa menyimak pelaksanaan upacara melalui IG Tv. Hampir seluruh siswa menonton upacara sampai agenda pengumuman pemenang. Walaupun dimasa pandemi tidak membuat langkah kita terbatas. Disinilah perlunya kreatifitas seorang guru untuk melakukan gebrakan yang bermakna dan selalu menjaga kekompakan agar semua yang direncanakan berjalan dengan  baik

E. Kendala Selama kegiatan
- Sulitnya menggerakkan siswa yang tidak memiliki minat bakat sesuai kriteria lomba
- Wali Kelas membutuhkan waktu yang lama untuk melibatkan siswa dalam lomba
- Tidak semua guru mahir dalam menulis dan membuat video pembelajaran
- Aktifitas siswa dan guru yang padat dalam melakukan pembelajaran daring sehingga kurang maksimal dalam kegiatan
- Partisipasi siswa dalam kegiatan tidak sesuai harapan dikarenakan kurangnya minat siswa
- Masalah jaringan internet ketika melakukan upacara daring

F. Saran
- Buat kegiatan yang bisa diikuti oleh semua siswa dan guru
- Waktu rentang pengumpulan karya lebih lama
- Siswa dan guru selalu dimotivasi dengan memfasilitasi mereka dengan mengikuti kegiatan kegiatan untuk mengembangkan potensi dan meningkatkan kelemahan mereka.


                                            







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Best Practise Pengaruh suhu,waktu dan pH KOMBUCHA

Menganalisis pengaruh suhu, pH serta waktu fermentasi pada pembuatan minuman KOMBUCHA   melalui analisis data menggunakan Artificial Intelli...