A. Latar belakang
Melakukan sesuatu kegiatan yang menstimulus kreatifitas seseorang dimasa pandemi adalah sangat sulit. Banyak hal yang harus disiapkan dengan matang terutama yang berhubungan dengan kesehatan. Untuk melakukan sesuatu di lingkungan sekolah diperlukan kreatifitas guru agar kemampuan siswa dapat tereksplorasi walaupun dimasa sulit ini. Diketahui guru adalah salah satu pilar untuk menumbuhkan sang anak menjadi sosok yang beriman dan berakhlak, bernalar kritis dalam menimbang suatu kebenaran, dan mampu berkreativitas menciptakan sebuah karya yang bermanfaat, menghargai
kebhinekaan tanpa harus memandang identitas keagamaan atau etnis dan kelompok tertentu, tetapi berlandaskan pada nilai-nilai kemanusiaan. Guru yang merdeka sadar bahwa mereka harus lebih dulu tergerak, kemudian mencoba terus bergerak, dan selanjutnya menggerakkan anak dan orang-orang baik di sekitarnya. Jika guru penggerak mulai tergerak, lalu bergerak bersama, dan menggerakkan seluruh ekosistem sekolah maka mulia dan bahagialah sang anak. Anak akan tumbuh bersemai dengan merdeka, menjadi sosok berbudaya, memiliki hati dan jiwa kemanusiaan. Anak selalu berinovasi dan berkarya untuk negerinya, bangga dan hormat kepada warisan leluhurnya.Oleh sebab itu guru yang harus memiliki nilai mandiri,kolaboratif, reflektif dan inovatif harus mampu merancang suatu kegiatan yang dapat meningkatkan semangat berkarya untuk diri sendiri maupun lingkungannya. Dalam rangka memperingai Hari Guru Nasional dirumuskan beberapa kegiatan agar HGN menjadi bermakna dan membangkitkan rasa cinta siswa terhadap guru mereka melalui karya karya.
B. Pelaksanaan Linimasa tindakan yang dilakukan
Untuk merumuskan kegiatan tersebut, hal yang sudah terlaksana adalah sebagai berikut:
1. Merancang kegiaan yang dibuat bersama waka bagian kesiswaan
Adapun bentuk kegiataan yang dilaksanakan adalah
-untuk siswa: lomba puisi,membuat poster,baca pidato dal lomba lagu melayu
-untuk guru: lomba essay, lomba membuat video pembelajaran dan lomba masak
-upacara memperingati Hari Guru Nasional yang dtonton siswa melalui daring
3. Bekerjasama dengan siswa, guru dan wali kelas untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
Dalam hal sosialisasi sebelumnya dirapatkan dalam rapat rutin sekolah.
5. Menyiapkan administrasi yang berhubungan dengan kegiatan dan disosialisakan digrup wa orang tua, siswa dan guru.
6. Hasil final kegiatan berupa pemilihan siswa/guru yang menjadi pemenang berdasarkan penilaian tim juri
c. Dokumentasi kegiatan

![]() |
| beberapa karya poster siswa |
![]() |
| Kegiatan lomba masak Salah satu video pembelajaran karya guru |
![]() |
| Siswa sedang menyimak upacara HGN secara daring |












Tidak ada komentar:
Posting Komentar