![]() |
| Membuat olahan pangan setengah jadi dari umbi-umbian |
A. Pendahuluan
Pembelajaran berdiferensiasi penyesuaian pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar setiap murid dengan cara melakukan pemetaan kebutuhan yang terdiri dari kesiapan belajar, minat dan profil pelajar murid.
* Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi
a. diferensiasi konten: pembelajaran dengan menyesuaikan materi pengetahuan, keterampilan dan konsep yang perlu dipelajari murid berdasarkan kurikulum
b. diiferensiasi proses : suatu proses yang harus dilakukan murid yang memungkinkan mereka berlatih dan memahami isi materi
c. diferensiasi produk : strategi memodifikasi dengan tagihan produk hasil belajar murid dalam penerapan dan pengembangan apa yang telah dipelajari.
Kelas yang berdiferensiasi memberikan jalur yang berbeda bagi siswa untuk mendapatkan isi, untuk memproses informasi dan ide-ide, serta untuk mengembangkan produk/ hasil belajar yang menunjukkan sejauh mana pemahaman yang diperoleh siswa. Pembelajaran berdiferensiasi berpusat pada siswa dan menitikberatkan pada pengajaran yang responsif dan pro-aktif. Adapun perbedaan yang ada pada siswa dapat meliputi:Jenis kelamin, Budaya, Tingkatan kognitif, Kemampuan, Inteligensi, Gaya belajar, Bahasa, dan Minat
Dalam merencanakan kelas berdiferensiasi, ada tiga aspek yang sangat penting, yakni: (1) mengklarifikasi materi, (2) mendiagnosa kesiapan siswa, dan (3) mendesain pengalaman belajar yang bervariasi.
Dalam merencanakan kelas berdiferensiasi kita juga harus yakin bahwa:
- Pelajaran mencakup berpikir kritis dan kreatif bagi semua murid
- Pelajaran melibatkan dan menantang bagi semua murid
- Ada kesempatan dan pilihan belajar bagi semua murid
- Ada keseimbangan antara tugas yang dipilih oleh murid dengan tugas yang dibuat oleh guru dengan penyusunan kerja.
B. Pelaksanaan Pembelajaran deferensiasi
- Sebelum melaksanakan pembelajaran
- Pelaksanaan pembelajaran
- Setelah proses pembelajaran


Tidak ada komentar:
Posting Komentar