Senin, 22 Februari 2021

Loka Karya III Guru Penggerak, visi misi sekolah



Grup pendamping pak MAzuardi

Sambutan dari Kadis Pendidikan Pekanbaru

Tujuan Loka Karya III: Merumuskan visi  misi yang mengarah kepada pembelajaran yang berpusat pada murid

Tidak terasa pendidikan program penggerak sudah berjalan hampir 5 bulan, banyak hal yang diperoleh antara lain bagaimana merubah pola pikir seorang pendidik agar bisa menjadi pemimpin dalam pembelajaran. Pendidik harus mengenal kebutuhan murid, karakter murid dan minat bakat murid karena dengan sudah memahami ini pendidik dapat menentukan pijakan yang tepat dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada murid. Pendidik bukan hanya sekedar memberikan ilmu pengetahuan secara teori tetapi pendidik mampu membina dan mengasah karakter baik yang ada pada murid. Untuk itu pendidik berupaya memposisikan diri sebagai murid ketika merancang suatu strategi pembelajaran agar pembelajaran itu dapat menyenangkan dan bermakna. 

 

Pada Loka karya III ini memberikan kesempatan untuk bersinergi dengan sekolah dalam menyatukan visi misi sekolah dengan visi misi guru penggerak itu sendiri. Pada intinya setiap sekolah ingin unggul, berprestasi, berakhlak mulia dan berkarakter, untuk itu guru penggerak bersama warga sekolah mampu merumuskan pembelajaran yang berpusat pada murid. Murid akan mampu mengeksplorasi segala kemampuan yang dimiliki, merefleksi segala kekurangan yang dimiliki dan yang paling  penting murid tersebut kedepannya akan menjadi berguna bagi keluarga, masyarakat, agama dan negara Untuk para pendidik  jangan lelah untuk terus belajar karena pada hakikatnya mengajar adalah belajar. Belajar itu sepanjang hayat, tidak ada batas apapun untuk terus belajar. Jadi lakukanlah hal yang terbaik menurut kita insya Allah kemudahan itu akan datang. 


Pada menyusunan visi misi diperlukan tahapan BAGJA (Buat pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi). BAGJA ini merupakan paradigma inkuiri apresiatif yaitu pendekatan kolaboratif dalam melakukan perubahan yang berbasis kekuatan. Inkuiri apresiatif menggunakan prinsip psikologi positif dan prinsip pendidikan positif.

Berikut ini merupakan contoh tahapan BAGJA  SMP YLPI P. Marpoyan :

“ Mendorong Guru untuk melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada murid  dengan menerapkan lesson study “

·         B-uat pertanyaan (Define)

Bagaimana cara menerapkan secara berkala strategi pembelajaran dikelas dengan berkolaborasi dengan teman sejawat disekolah? 

·         A-mbil pelajaran (Discover)

- Masih ada guru yang menyampaikan materi dengan model ceramah

- Guru yang memiliki kemampuan mengajar yang baik tidak konsisten menerapkan strategi pembelajaran

- Dalam membuat RPP, guru kurang memperhatikan kebutuhan peserta didik

- Guru kurang termotivasi untuk menambah pengetahuan untuk meningkatkan kompetensi dalam menunjang pembelajaran

- Guru merasa segan berbagi ilmu kecuali jika dibutuhkan 

·         G-ali mimpi (Dream)

- Semua guru dapat menciptakan suasana pembelajaran yang berpusat pada murid

- Semua guru termotivasi untuk melakukan perubahan-perubahan dalam KBM dengan menambah wawasan dan pengetahuan

- Peserta didik dapat megikuti kegiaan pembelajaran dengan semangat dan ceria untuk mencapai tujuan Pembelajaran

- Membentuk karakter peserta didik yang sesuai dengan profil pelajar pancasila 

·         J-abarkan rencana (Design)

- Memberikan pemahaman kepada guru mengenai konsep lesson study

- Memberikan kesempatan kepada guru untuk membuka kelas dengan menerapkan konsep lesson study

- Menerapkan konsep lesson study untuk semua guru mapel minimal 1 x dalam 1 semester

- Memberikan pelatihan pelatihan yang dibutuhkan guru untuk meningkatkan pemahaman guru untuk menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid

- Memaksimalkan peran BK dan guru untuk menggali informasi megenai diri peserta didik SMP YLPI P. Marpoyan 

·         A-tur eksekusi (Deliver)

- Berkoordinasi dengan wakur untuk menjadikan konsep lesson study untuk menjadi program sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran

- Berkoordinasi dengan kepala sekolah untuk melakukan sosialisasi mengenai konsep lesson study

- Menyelenggarakan sosialisasi disekolah yang diikuti oleh semua guru

- Berkoordinasi dengan FKIP Universitas Riau untuk menjadi nara sumber dan pembinaan dalam penerapan lesson study

- Berkoordinasi dengan semua guru untuk membuka kelas dalam menerapkan lesson study

- Mengoptimalkan KKG yang ada disekolah

- Mengadakan pelatihan pelatihan yang dibutuhkan oleh guru berdasarkan hasil refleksi lesson study. 

Tahapan BAGJA yang telah dirancang ini dapat teralisasikan sesuai rencana dengan maksimal untuk memajukan pendidikan di sekolah. 

 Selalu sebar kebaikan dan jangan lupa bahagia serta semangat 😉😉

Sambutan dari P4TKLB




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Best Practise Pengaruh suhu,waktu dan pH KOMBUCHA

Menganalisis pengaruh suhu, pH serta waktu fermentasi pada pembuatan minuman KOMBUCHA   melalui analisis data menggunakan Artificial Intelli...