Rabu, 30 Juni 2021

Aksi Nyata Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya



SMP YLPI P. Marpoyan adalah sekolah swasta yang berdiri tahun 1984  dibawah naungan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Riau (YLPI Riau). Sekolah ini terletak di lingkungan pendidikan karena YLPI Riau memiliki beberapa satuan pendidikan dari tingkat PAUD sampai Perguruan Tinggi yang beralamat di jalan Kaharuddin Nasution kecamaan Bukit Raya kelurahan Air Dingin. Semenjak tahun 2010 SMP YLPI P. Marpoyan terakreditasi A dan ini merupakan hasil perjuangan seluruh warga sekolah untuk meningkatkan akreditasi dari B menjadi A. Jika dilihat dari fisik bangunannya SMP YLPI P.Marpoyan merupakan sekolah yang sederhana. Bangunannya terdiri dari 6 ruang kelas, 1 ruang majelis guru, 1 ruang UKS yang bergabung dengan ruang BK, 1 ruang kepala sekolah, 1 ruang OSIS, 1 ruang pustaka, 1 ruang laboratorium IPA, 2 ruang kelas digabung menjadi ruang sholat , 1 kantin dan 6 toilet. SMP YLPI P. Marpoyan belum memiliki lapangan voli/basket, musholla, laboratorium komputer dan ruang Aula. Walaupun adanya beberapa kekurangan dalam bentuk sarana prasarana seluruh warga sekolah tetap berusaha mencari solusi dalam memenuhi kebutuhan belajar murid.


Ditinjau dari Sumber Daya Manusianya, SMP YLPI P. Marpoyan memiliki Tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki kualifikasi pendidikan terakhir Strata Satu(S1). Begitu juga dengan ekonomi orang tua dari murid dirata-ratakan menengah keatas, hanya sebagian kecil yang memilki ekonomi rendah. Hal ini bisa menjadi kekuatan sekolah untuk meningkatkan SDM yang ada dengan melakukan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (PKBA) yang menekankan pada nilai, prinsip dan cara berpikir untuk memajukan sekolah. Pendekatan ini memberikan nilai lebih pada kapasitas, kemampuan, pengetahuan, jaringan, dan potensi yang dimiliki oleh sekolah. Denga n demikian pendekatan ini melihat sekolah sebagai pencipta dari kesehatan dan kesejahteraan, bukan sebagai sekedar penerima bantuan.  Mengidentifikasi sumber daya sekolah yang ada sangat perlu dilakukan secara maksimal dan kontinue. Perlunya pengelolaan sumber daya secara kreatif dan inovatif untuk  menghasilkan hal-hal yang positif dari sumber daya yang dimiliki sehingga menjadi kekutan inspirasi dan potensi yang posistif.

Kegiatan yang telah dilakukan dalam pengelolaan Sumber Daya adalah:

1. Kerjasama dengan Dinas Perpustakaan Kota Pekanbaru  dalam bentuk meningkakan mutu Pustaka Sekolah

2. Kerjasama dengan Universitas Lancang Kuning Prodi Studi Ilmu Pustaka dan pengarsipan dalam bentuk kerjasama penyediaan magang Mahasiswa Jurusan Perpustakaan untuk meningkatkan mananjemen pengelolaan pustaka

3. Kerjasama dengan P.Tensai Nsteknologi Indonesia untuk pengelolaan perpustakaan Digital

4. Kerjasama dengan Pegadaian untuk kesejahteraan guru dan karyawan sekolah untuk kemudahan pengadaan barang

5. Pelatihan Aplikasi SLIM untuk tim Pustaka dalam meningkatkan database digital perpustakaan

6. Pelatihan Guru tentang Lesson Study dan Penerapannya


Dokumentasi Kegiatan 

1. Kerjasama dengan Dinas Perpustakaan Kota Pekanbaru

Surat Permohonan Perjanjian kerjasama

Foto Bersama 


2. Kerjasama dengan Universitas Lancang Kuning Prodi Studi Ilmu Pustaka

Surat balasan dari Univ. Lancang Kuning

Observasi mahasiswa PKL di Pustaka

Mahasiswa PKL

3. Kerjasama dengan P.Tensai Nsteknologi Indonesia unutk pengelolaan perpustakaan Digital dan Pelatihan Aplikasi SLIM untuk tim Pustaka dalam meningkatkan database digital perpustakaan

Surat kerjasama

Pelatihan penggunaan slim oleh Dosen Unic Lancang Kuning

4. Pelatihan Guru tentang Lesson Study dan Penerapannya

Penyampain Materi oleh Nara Sumber



Absensi guru



5. Kerjasama dengan Pegadaian untuk kesejahteraan guru dan karyawan sekolah untuk kemudahan pengadaan barang


Foto bersama dengan pihak pegadaian


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Best Practise Pengaruh suhu,waktu dan pH KOMBUCHA

Menganalisis pengaruh suhu, pH serta waktu fermentasi pada pembuatan minuman KOMBUCHA   melalui analisis data menggunakan Artificial Intelli...