Judul Modul: WEBINAR dengan tema belajar menyenangkan dimasa pandemi
Nama Peserta : Sri Rama Yanti
CGP 1 Pekanbaru Riau
A. Latar belakang
Dalam upaya mengendalikan penyebaran pandemi
COVID-19, pada pertengahan Maret 2020, pemerintah memutuskan untuk menghentikan
sementara kegiatan belajar di sekolah. Sekolah dianggap sebagai salah satu
media yang berpotensi memperluas penyebaran COVID-19 karena adanya interaksi
secara langsung antara murid, guru, dan orang tua dengan jarak yang dekat
sehingga memaksa sekolah untuk menerapkan kegiatan belajar dari rumah.
Pelaksanaan
kegiatan belajar dari rumah ini pun sangat bervariasi karena dipengaruhi oleh
berbagai faktor. Menurut beberapa studi, variasi antarguru, antarsekolah, dan
antarlingkungan rumah juga mempunyai peran dalam menunjang atau menghambat
pelaksanaan. Namun, tidak diketahui bagaimana variasi aspek-aspek tersebut
memengaruhi ketimpangan dalam kesempatan belajar di antara para murid dengan
latar belakang berbeda. Di berbagai negara, ketimpangan dalam kesempatan
belajar telah menjadi perhatian berbagai pihak dan menjadi fokus dalam
penelitian pendidikan selama masa pandemi.
Untuk memperkaya ilmu terkait dengan upaya antisipasi terhadap melebarnya ketimpangan hasil belajar yang diakibatkan oleh ketimpangan dalam pelaksanaan belajar dari rumah akibat pandemi COVID-19 perlunya menyelenggarakan webinar bertajuk “Tips Belajar Menyenangkan Dimasa Pandemi”. Diskusi ini juga diharapkan dapat membangkitkan semangat belajar dan potensi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di masa pandemi. Namun ada kendala untuk melaksanakan webinar ini karena tidak bisa mengumpulkan siswa dalam suatu ruangan. Agar ini dapat terwujud perlunya kolaborasi yang baik dengan orang tua, walas, pembina OSIS , waka kesiswaan dan kepala sekolah agar kegiatan ini gerwujud. Untuk itu penulis berusaha melakukan berbagai pendekaatan kepada semua pihak agar kegiaan ini berjalan sebaik mungkin.
B. Tujuan
1. memberikan pengetahuan mengenai beberapa tips belajar menyenangkan dimasa pandemi
2. meningkatkan motivasi belajar siswa
3. menumbuhkan nilai profil pelajar pancasila selama pandemi
C. Tolak Ukur
1. Meningkatnya motivasi belajar dengan aktif mengikuti kegiatan pembelajaran selama daring
2. Melaksanakan semua tugas yang diberikan
D. Linimasas tindakan yang dilakukan
Adapun tahap yang dilakukan:
1. Menyiapkan format acara (rancangan kegiatan)
2. Melakukan diskusi dengan pembina OSIS dan waka kesiswaan
3. Mendiskusikan dengan kepala sekolah agar kegiatan disetujui
4. Mensosialisasikan kepada guru dalam rapat
5. Menghubungi nara sumber
6. Mensosialisasikan kepada siswa baik melalui surat dan media sosial
7. Pelaksanaan kegiatan
8. Tindak Lanjut
E. Dukungan yang dibutuhkan
1. Kontribusi orang tua di rumah dalam membimbing anak ketika kegiatan webinar berlangsung dan pendampingan belajar selama pandemi
2. Kerjasama yang baik antara rekan kerja/peserta didik/karyawan/kepsek dan orang tua

Tidak ada komentar:
Posting Komentar