Jumat, 27 November 2020

RANCANGAN AKSI NYATA MODUL VISI PENGGERAK

 


Judul Modul: WEBINAR  dengan tema belajar menyenangkan dimasa pandemi

Nama Peserta : Sri Rama Yanti

CGP 1 Pekanbaru Riau

A. Latar belakang

Dalam upaya mengendalikan penyebaran pandemi COVID-19, pada pertengahan Maret 2020, pemerintah memutuskan untuk menghentikan sementara kegiatan belajar di sekolah. Sekolah dianggap sebagai salah satu media yang berpotensi memperluas penyebaran COVID-19 karena adanya interaksi secara langsung antara murid, guru, dan orang tua dengan jarak yang dekat sehingga memaksa sekolah untuk menerapkan kegiatan belajar dari rumah.

            Pelaksanaan kegiatan belajar dari rumah ini pun sangat bervariasi karena dipengaruhi oleh berbagai faktor. Menurut beberapa studi, variasi antarguru, antarsekolah, dan antarlingkungan rumah juga mempunyai peran dalam menunjang atau menghambat pelaksanaan. Namun, tidak diketahui bagaimana variasi aspek-aspek tersebut memengaruhi ketimpangan dalam kesempatan belajar di antara para murid dengan latar belakang berbeda. Di berbagai negara, ketimpangan dalam kesempatan belajar telah menjadi perhatian berbagai pihak dan menjadi fokus dalam penelitian pendidikan selama masa pandemi.

            Untuk memperkaya ilmu terkait dengan upaya antisipasi terhadap melebarnya ketimpangan hasil belajar yang diakibatkan oleh ketimpangan dalam pelaksanaan belajar dari rumah akibat pandemi COVID-19 perlunya menyelenggarakan webinar bertajuk “Tips Belajar Menyenangkan Dimasa Pandemi”. Diskusi ini juga diharapkan dapat membangkitkan semangat belajar dan potensi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di masa pandemi. Namun ada kendala untuk melaksanakan webinar ini karena tidak bisa mengumpulkan siswa dalam suatu ruangan. Agar ini dapat terwujud perlunya kolaborasi yang baik dengan orang tua, walas, pembina OSIS , waka kesiswaan dan kepala sekolah agar kegiatan ini gerwujud. Untuk itu penulis berusaha melakukan berbagai pendekaatan kepada semua pihak agar kegiaan ini berjalan sebaik mungkin.

 B. Tujuan

1. memberikan pengetahuan mengenai beberapa tips belajar menyenangkan dimasa pandemi

2. meningkatkan motivasi belajar  siswa

3. menumbuhkan nilai profil pelajar pancasila selama pandemi

C. Tolak Ukur

1. Meningkatnya motivasi belajar dengan aktif mengikuti kegiatan pembelajaran selama daring

2. Melaksanakan semua tugas yang diberikan 

D. Linimasas tindakan yang dilakukan

Adapun tahap yang dilakukan:

1. Menyiapkan format acara (rancangan kegiatan)

2. Melakukan diskusi dengan pembina OSIS dan waka kesiswaan

3. Mendiskusikan dengan kepala sekolah agar kegiatan disetujui

4. Mensosialisasikan kepada guru dalam rapat

5. Menghubungi nara sumber

6. Mensosialisasikan kepada siswa baik melalui surat dan media sosial

7. Pelaksanaan kegiatan

8. Tindak Lanjut

E. Dukungan yang dibutuhkan

1. Kontribusi orang tua di rumah dalam membimbing anak ketika kegiatan webinar berlangsung dan pendampingan belajar selama pandemi

2. Kerjasama yang baik antara rekan kerja/peserta didik/karyawan/kepsek dan orang tua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Best Practise Pengaruh suhu,waktu dan pH KOMBUCHA

Menganalisis pengaruh suhu, pH serta waktu fermentasi pada pembuatan minuman KOMBUCHA   melalui analisis data menggunakan Artificial Intelli...